Lomba Dusun Berseri 2 Peringati HUT RI 74 Tahun Dan HARJADEPAK 102 Tahun


KESAMBIRAMPAK---Dalam rangka menyambut HUT RI ke 74 dan HARJADEPAK ( Hari Jadi Desa Kesambirampak ) 102 Th, LPM Rampak Gemilang mengelar lomba Dusun Berseri 2 tahun 2019 Dusun BERSERI (Bersih dan Lestari) merupakan salah satu Program kegiatan LPM Rampak Gemilang untuk menuju Desa Kesambirampak Tingkat Madya. Kegiatan yang di selengarakan oleh LPM Rampak Gemilang  mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Desa Dan BPD Kesambirampak.
Rasa syukur dipanjatkan oleh segenap panitia dusun berseri 2 Desa Kesambirampak Kecamatan Kapongan atas terlaksananya lomba dusun berseri 2.
Tujuan di adakannya kegiatan tersebut selain memperingatai HUT RI 74 Tahun Dan HARJADEPAK 102 yaitu untuk menumbuhkan budaya bersih pada masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan, Strategi lestari yaitu dengan meningkatkan upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup dan perilaku sehat serta Strategis Ekonomi Hijau yaitu dengan menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup untuk generasi kini dan yang akan datang melaluai pola dan aktifitas kegiatan ekonomi yang ramah lingkungan dan kultur budaya masyarakat desa dengan pemberdayaan masyarakat.
Peserta dari lomba dusun berseri itu sendiri meiputi dusun yang ada di Desa Kesambirampak : Dusun Karang Malang, Dusun Karang Layar, Dusun Rambutan, Dusun Pajuko’an, Dusun Sarse, Dusun Krajan, Dusun Nyiur Cangka. Adapaun kriteria penilaian lomba meliputi :
1. Berseri ( Bersih, Indah, Lestari )
2. Mengusung Tema : 
  • Nasional dan Berseri
  • Tanya Jawab  Penilai Dengan Kader Lingkungan
3. Kreasi ( Ornamen, dan hiasan )
4. Tempat Pembuangan Sampah Dan Pemilahannya ( Pengelolanya )
5. Pemberdayaan Masyarakat
6. Pelaksanaan Minimal 1 Rt ( Lingkungan )
7. Taman Toga
8. Komposter Pupuk
9. Publikasi melalui laman Instagram dengan Tagar #dusunberseri2, #harjadepak102, #lpmrampakgemilang. #kimrampak dengan catatan keempat tagar tersebut wajib tidak dibatasi jumlah uploud

Untuk pelaksanaan Evaluasi Penilaian Lapangan Dusun BERSERI 2 (Bersih dan Lestari) di Desa Kesambirampak dilaksanakan dari Tanggal 30-31 Agustus 2019. Tim penilai atau evaluator dusun berseri berasal dari berbagai unsur yaitu :
1. Unsur Kecamatan : Bapak Heru Purnomo
2. Unsur DLH Kab. Situbondo : Ibu Nur Islamiah
3. Unsur DPMD Kab. Situbondo : Bapak Budi
4. Unsur Dikominfosan Situbondo : Bapak H. Hasan
5. Unsur Koramil Kapongan : Bapak Sukardi
6. Unsur Polsek Kapongan : Bapak Yon

Pada kategori/tingkatan Mandiri ini diharapkan peran, partisipasi masyarakat, ketua RT/RW dan tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat secara bersinergi melakukan pengelolaan lingkungan meliputi Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Pengelolaan Persampahan serta terbentuknya bank-bank sampah baru di masing-masing RT/RW yang ada di Desa Kesambirampak tersebut secara berkelanjutan.

Pengumuman bagi pemenang dalam lomba Dusun BERSERI 2 ini akan diumumkan bersamaan dengan lomba kirab Muharram Dalam Rangka Memperingati tahun baru Islam dan Hari Jadi Desa Kesambirampak ( HARJADEPAK ) 102 Tahun, yang akan dilaksanakan hari Selasa, 3 September 2019 berpusat di Rumah Kepala Desa Sucipto. (01/09) ag_p

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Flag Counter

Pengunjung